Rangkuman Materi Hukum Asuransi



Hukum Asuransi Masa Kini

1. Pengertian Asuransi
Dalam pasal 246 KUH Dagang, Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung,dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tentu.

Dalam pasal 1774 KUH Perdata, Suatu perjanjian untung-untungan adalah suatu perbuatan yang hasilnya, mengenai untung ruginya, baik bagi semua pihak, maupun bagi sementara pihak, bergantung pada suatu kejadian yang belum tentu. Demikianlah adalah perjanjian pertanggungan

Menurut saya Asuransi adalah pengumpulan dana dimasyarakat dan dana tersebut disimpan di bank atau diputar.

Definisi Asuransi adalah suatu perjanjian antara penanggung dan tertanggung dimana penanggung memberikan ganti rugi terhadap tertanggung, sebaliknya tertanggung harus membayar premi kepada penanggung.

2. Dasar Hukum Asuransi :
- Surat An-nisa ayat ( 9 )
- KUHD
- KUH Perdata
- UU No. 2 Thn 1992 tentang usaha Per asuransian 
- UU No. 23 Tahun 2007 ttg Perkereta Apian
- UU No. 17 Thn 2008 ttg Pelayaran 
- UU No. 1 Thn 2009 Ttg Penerbangan
- UU No. 33 Thn 1964 ttg dana Pertanggungan wajib dana penumpang
- UU No. 34 Thn 1964 ttg dana kecelakaan lalu lintas jalan
- PP No. 17 Thn 1965 Ketentuan Pelaksanaan UU No. 33 Thn 1964
- PP No. 18 Thn 1965 Ketentuan Pelaksanaan UU No. 34 Thn 1964
- PP No. 73 Thn 1992 ttg Penyelenggaraan untuk Per Asuransian 
- UU No. 21 Thn 2011 ttg OJK
- UU No. 24 Thn 2011 ttg BBJS

3. Apakah semua risiko bisa di Asuransikan...???

Kriteria agar resiko dapat di Asuransikan yaitu :
- Dapat dinilai dengan uang 
- harus risiko murni
- Kerugian timbul akibat peristiwa yang tidak pasti
- tertanggung harus memiliki Insurable interest ( Adanya kepentingan dalam asuransi tsbt ), tidak bertentangan dengan UU ketertiban umum pasal 1337 KUH Perdata dan kesusilaan 

4. Kun Wahyu Wardana menulis bahwa tidak semua risiko dapat di Asuransikan, risiko yang dapat di asuransikan jika memiliki karakteristik sbb :

- Fortuitas : risiko tidak dapat diketahui scr pasti kapan terjadinya 
- Fiancial value : kerugian yang timbul dari suatu resiko harus dapat ditakar atau dikalkulasikan 
- Insurable interest : Adanya kepentingan tertanggung untuk mengasuransikan obyeknya 
- Homo geneus Exposures : risiko yang di asuransikan harus bersifat homogen yang mempunyai kesamaan sifat atau karakter dalam jumlah yang besar, sebab apabila terlalu sedikit risiko yang ditutup maka asuransi tdk berfungsi, akibatnya jika suatu risiko terlalu unik, atau mpy sifat yang khusus atau satu-satunya maka preminya akan sangat tinggi.

5.  Prinsip-prinsip Asuransi :

A). Insurable interest  yaitu kepentingan yang dapat di asuransikan 
Adapun penerapan insurable interest bisa berbeda-beda tergantung jenis asuransinya :
- Life Asuransi : bahwa setiap orang dapat mengasuransikan dirinya untuk sejumlah nilai pertanggungan berapapun, disamping seseorang memiliki insurable interest atau dirinya sendiri
- Property insurance : untuk asuransi harta bendanya
- Executor and Trustees : sering memiliki hak atas asuransi harta benda yang berada dalam penguasaannya
- Bailees : orang yang bertanggung jawab
- Agent
- Marine Insurance
B). Utmost Good Faith : diterjemahkan sebagai itikad baik yang terbaik, dalam kontrak asuransi itikad baik saja belum cukup, akan tetapi dituntut yang terbaik dari itikad baik dari calon tertanggung.
Jadi good faithnya terletak pada itikad untuk untuk selalu menjawab secara jujur pertanyaan yang disampaikan oleh under writter sedangkan utmostnya terletak pada calon tertanggung harus mpy inisiatif untuk mengungkapkan fakta penting yang tidak ditanyakan oleh under writter

6. Kapan terjadinya perjanjian Asuransi..???

- Menurut teori yaitu pada saat polis sudah diterbitkan
- Sedangkan dalam prakteknya pada saat terjadinya kata sepakat

7. Asas-Asas perjanjian Asuransi :

- Asas kebebasan berkontrak : batasan kebebasan dalam membuat suatu perjanjian harus sesuai ketentuan  dalam pasal 1338 (1) dan 1337 KUH Perdata berkenaan dengan isi dan cakupan perjanjian
- Asas Konsesualisme : diatur  pada pasal 1320 KUH Perdata, Sepakat mereka yang mengikatkan diri (Mutlak/harus)
- Acta pacta sunservanda : diatur pada pasal 1338 (1), diartikan juga sebagai asas kepastian hukum
- Asas itikad baik : diatur pada pasal 1338 (3), ada 2 macam :
   - Subjektif ( pada saat sebelum perjanjian di TTD)
   - Obektif ( perjanjian sudah di TTD )
mengatur perilaku para pihak sebelum dan selama perjanjian berlaku
- Asas kepribadian : diatur dalam pasal 1315 dan 1340 KUH Pdt, mengenai para pihak yang saling mengikatkan diri.

8. Asas-asas atau prinsip dalam asuransi

- Prinsip kepentingan yang dapat di asuransikan (insurable interest) pasal 250 KUHD 
- Prinsip itikad baik (utmost good faith)  pasal 251,252,276,277 KUHD
- Prinsip keseimbangan (Idem niteit principle) pasal 252 KUHD, pasal 246 larangan onrecht matige verrijking (memperkaya diri sendiri)
- Prinsip subrogasi (subrogation principle), contohnya C menabrak A, apabila A langsung minta ganti kpd C, maka B sebagai perusaahaan asuransi tidak berkewajiban mengganti A.
- Prinsip sebab akibat (causalitet principle), proximate casuse : peristiwa terdekat terefisien yang menimbulkan kerugian, contohnya : A kecelakaan dgn B , A meninggal dunia ,setelah diselidiki A meninggal karena serangan jantung bukan krn kecelakaan maka C sebagai pihak asuransi tidak wajib memberikan ganti rugi, kpd A
- Prinsip kontribusi (pasal 278 KUHD)
- prinsip follow the fortunes
7 prinsip diatas semua berlaku untuk asuransi kerugian , akan tetapi untuk asuransi berupa sejumlah uang yang berlaku hanya prinsip kepentingan,prinsip utmost good faith,prisip hubungan sebab akibat, dan prinsip follow the fortunes

9. Unsur-unsur perjanjian asuransi 

- unsur Esensalia : unsur yang selalu harus ada didalam perjanjian merupakan unsur mutlak dimana tanpa adanya unsur tsbt, mk perjanjian tidak mungkin ada
- unsur Naturalia : unsur perjanjian yang oleh uu diatur, contoh : jaminan kenikmatan aman  dan tidak adanya cacat tersembunyi dalam perjanjian asuransi
- unsur Accidentalia : unsur yang ditambahkan oleh para pihak, dimana uu sendiri tidak mengatur hal tersebut

10.  Unsur dalam asuransi :

- Adanya dua pihak yang terkait
- Ada peralihan risiko
- Ada premi dan evenement ( peristiwa tidak pasti menimbulkan kerugian )
- Ada unsur ganti rugi

11. Menurut H. Gunanto, Asuransi ada 3 macam yaitu :

- Asuransi Kerugian 
- Asuransi jiwa/sejumlah uang
- Asuransi sosial

12. Menurut david, Asuransi ada 2 macam :

-  Asuransi sosial ( sosial asurance ) terbit berdasarkan UU yaitu UU no 33 tahun 1964 ttg dana pertanggungan wajib penumpang,  UU No. 24 tahun 2011 ttg penyelenggaraan BBJS
- Asuransi sukarela/komersial, pengaturan pada KUH Pdt ttg perikatan bab I,II,III,IV,V, Dan XV
- KUHD buku I titel IX Dan titel X Dan buku II

13. Tujuan asuransi 

- Asuransi sukarela / komersial / voluntary insurance : memberikan rasa aman dgn cara pengalihan/mentransfer/membagi risiko kepada pihak lain
- Asuransi sosial / compulsary insurance : memberikan jaminan sosial kepada masyarakat atau sekelompok masyarakat.

14. Mengapa asuransi yang dipilih...????

karena asuransi mempunyai manfaat sbb :
- Asuransi dapat memberikan rasa aman atau terjamin dalam ber usaha
- Asuransi dapat menaikkan efisiensi dalam  kegiatan perusahaan sehingga shg pengusaha dapat focus dalam peningkatan usahanya tanpa berfikir risiko
- Asuransi cenderung kearah perkiraan penilaian biaya yang layak dalam sebuah risiko
- Asuransi merupakan dasar pertimbangan pemberian suatu kredit
- Asuransi dapat mengurangi timbulnya kerugian-kerugian 
- Asuransi merupakan alat pembangunan



10 Responses to "Rangkuman Materi Hukum Asuransi"

  1. artikelnya bermanfaat gan untuk tugas kuliah ane terimakasih

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda mencari layanan pinjaman yang dapat diandalkan? Kami meminjamkan uang ke negara lain dan beberapa negara lain di luar negeri. kami menawarkan semua jenis pinjaman yang sah seperti pinjaman real estat, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi hutang dll dengan tingkat bunga terjangkau 3%. Jika Anda memiliki kesepakatan apa pun yang membutuhkan dana, kirimkan saya email dengan rincian lebih lanjut sehingga kami dapat membahas dan mengatur cara mendapatkan dana Anda dan segera tutup. Jika Anda tertarik silakan inbox saya sekarang di email: bertsloanservices@gmail.com

    ReplyDelete
  3. PINJAMAN PINJAMAN CORONA VIRUS DARI SYARIKAT PINJAMAN ROSSA STANLEY


    Adakah anda memerlukan bantuan kewangan kerana penguncian virus korona, kemudian segera pergi ke syarikat pinjaman rossa stanley di mana terdapat pelepasan WOLRD BANK untuk semua orang, jadi hubungi kami sekarang di syarikat pinjaman rossa stanley sekarang untuk pinjaman dan bantuan kewangan anda melalui mana-mana saluran berikut

    E-mel: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Tel Pengarah: +1(914)529-5708
    Whats-app: +1(914)529-5708
    Twitter rasmi: Rossastanlyloan
    Facebook rasmi: Rossa Stanley Favor


    Mrs.Rossa stanley
    E-mel: rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  4. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0816-733-801 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    ReplyDelete
  5. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Perusahaan: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak berada di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka adalah berpatutan dan cepat dilupuskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon agar anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat:allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Syarikat: +1 (301) 971-4445
    E-mel Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA,"  dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.

    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com,  ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    ReplyDelete